News & Ideas

All news & ideas items

Krisis Lingkungan di Balik Banjir Bandang Sumatera Barat

Pada tahun 2024, Sumatera Barat kembali dilanda musibah banjir bandang dan tanah longsor di berbagai titik. Hujan berintensitas tinggi yang mengguyur wilayah hulu Gunung Marapi menjadi pemicu utama bencana ini. Namun, di balik hujan deras tersebut, tersimpan masalah yang lebih dalam dan kompleks, yaitu eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan dan pembangunan yang tidak memperhatikan aspek mitigasi bencana. Simak beritanya lebih lanjut melalui tautan artikel ini!

Read more...

Menguatkan Industri Kendaraan Listrik Indonesia melalui Ekonomi Sirkular

Indonesia berperan penting dalam produksi kendaraan listrik global. Dengan mengadopsi ekonomi sirkular pada industri ini, Indonesia dapat mengurangi dampak lingkungan, menciptakan peluang ekonomi, dan memperkuat posisinya sebagai pemimpin industri kendaraan listrik yang berkelanjutan.

Read more...

Pak Sariban Sang Penggalak Kebersihan Kota Bandung

“Ingat! Saya Pejuang Kebersihan Untuk Anak-Anak dan Cucu Kita di Kemudian Hari, Kebersihan Sebagian dari Iman” - H. Sariban (RPLHB). Kutipan tersebut terpampang pada papan yang dipasang pada bagian sepeda onthel Pak Sariban sebagai bentuk kampanye beliau untuk menyebarkan pesan akan kebersihan lingkungan yang harus dijaga. Penasaran dengan keseharian Pak Sariban menjaga Kota Bandung bersih dari sampah yang bertebaran? Simak artikel ini dengan seksama!

Read more...

Panggung Sampah Indonesia: Ketidakmampuan Pemerintah vs Sinergi Masyarakat dalam Melawan Tumpukan Sampah

Pertumbuhan populasi dan ekonomi yang pesat di Indonesia memberikan tantangan besar dalam pengelolaan sampah. Data terbaru menunjukkan peningkatan volume sampah yang mengkhawatirkan. Tingkat daur ulang rendah dan kurangnya pengelolaan sampah masih menjadi fokus utama. Permasalahan tempat pembuangan akhir yang berlebihan di beberapa kawasan strategis, menunjukkan ketidakmerataan inisiatif pemerintah daerah. Upaya masyarakat dalam pengelolaan sampah menunjukkan kesadaran yang meningkat, tetapi kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat tetap diperlukan untuk mencapai pengelolaan sampah yang berkelanjutan.

Read more...

Ubah Mindset Menjadi Pengolah Sampah Versi Ekonomi Sirkular

Permasalahan sampah di Indonesia sudah menjadi permasalahan yang selalu ada dan tiada ujung dalam pengelolaannya. Sampah yang akan terus bertambah membutuhkan cara pandang masyarakat terhadap pengelolaan sampah serta insentif dan sistem pengelolaan sampah yang dapat menyelesaikan permasalahan sampah secara perlahan di Indonesia.

Read more...

Ekonomi Sirkular Dalam Membangun Industri Fashion yang Berkelanjutan

Industri fashion terkenal dengan kemampuannya menghadirkan produk dan layanan yang bisa disesuaikan dengan keinginan konsumen. Proses produksinya yang fleksibel memungkinkan pembuatan produk dalam jumlah besar dengan biaya yang relatif rendah. Inovasi selalu menjadi ciri khas industri ini dengan menghadirkan gaya baru dan tren terkini yang menarik bagi banyak orang (Tinkerlust, 2022). Sifat dinamis dan inovatif ini membuka banyak peluang untuk ide-ide kreatif dan tren baru dalam dunia fashion.

Read more...

Penerapan Bank Sampah sebagai Perwujudan Ekonomi Sirkular untuk Mengurangi Risiko Banjir

Banjir yang sudah seperti bencana tahunan, kembali melanda Indonesia di awal tahun 2024. Bencana ini sejatinya tak hanya disebabkan oleh curah hujan tinggi, tetapi juga faktor lain seperti kerusakan alam dan pencemaran lingkungan. Peran ekonomi menjadi sirkular sangat krusial demi menanggulangi bencana banjir di masa mendatang, salah satunya dengan penerapan prinsip 3R dengan aplikasi Bank Sampah. Baca selengkapnya untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana ekonomi sirkular dapat membantu mengatasi permasalahan banjir di Indonesia!

Read more...

Menuju Pertambangan Berkelanjutan: Solusi Ekonomi Sirkular dalam Mengatasi Kerugian Ekologis Lahan Pasca Tambang

Warganet baru-baru ini dihebohkan dengan kasus korupsi timah yang melibatkan 16 orang tersangka, dengan kerugian ekologis yang diperkirakan mencapai Rp271 triliun. Kasus ini telah memicu berbagai diskusi publik mengenai jalannya industri pertambangan di Indonesia. Bahkan, muncul berbagai candaan satir di media sosial, dengan banyak warganet yang berandai-andai tentang penggunaan uang Rp271 triliun tersebut. Diskusi tersebut juga menimbulkan pertanyaan-pertanyaan, seperti apa yang dimaksud dengan kerugian ekologis? dan apakah ada cara untuk mengurangi dampak kerugian tersebut?

Read more...

Kenyataan Daur Ulang Plastik: Mayoritas Plastik Tidak Dapat Didaur Ulang?

Laporan terkini menemukan bahwa jenis plastik yang beredar tidak semuanya bisa didaur ulang. Berdasarkan publikasi dari Climate Integrity berjudul “The Fraud of Plastic Recycling”, mayoritas plastik tidak bisa didaur ulang—mereka tidak pernah ada dan tidak akan pernah bisa.

Read more...

FEB Talks: Mengoptimalkan Ekonomi Sirkular melalui Platform Digital Ekonomi Sirkular ID (ESID)

Permasalahan yang disadari karena kurangnya awareness masyarakat terkait Ekonomi Sirkular menjadi latar belakang berdirinya Ekonomi Sirkular ID (ESID). ESID merupakan platform pertama di Indonesia yang berfokus pada edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya penerapan Ekonomi Sirkular yang lebih berkelanjutan. Pembentukan ESID sendiri diinisiasi oleh Bapak Luluk Lusiantoro, S.E., M.Sc., Ph.D. yang juga merupakan Dosen di FEB UGM. Pada FEB Talks kali ini, menghadirkan narasumber yaitu Mba Ipuk Widayanti yang juga merupakan CEO dari ESID.

Read more...

CONTACT

+6281224212953

rizkalaliamdyharits@gmail.com

logo green

© 2022 ekonomisirkular.id